Sabtu, 19 Juni 2010

Tips menjaga berat badan ideal

apakah anda sudah bisa menghitung Body Mass Index / Indeks Masa Tubuh anda sendiri? saya yakin ada pasti bisa.

jika anda adalah termasuk orang yang gemuk (menurut perhitungan IMT) maka wajib bagi anda untuk membaca artikel ini. Saya yakin anda akan lebih mudah menemukan tips - tips menjaga berat badan ideal anda, atau mendapatkannya jika anda mengerti proses terjadinya kegemukan. dibawah ini akan diuraikan sekilas tentang proses menjadi gemuk.

Setiap orang berpotensi untuk menjadi gemuk, karena gemuk disebabkan oleh peningkatan penimbunan lemak di dalam tubuh. Beberapa tempat penimbunan lemak di bagian tubuh kita diantaranya : perut/pinggang, bokong, loher,dada.

Setiap makanan atau minuman yang anda konsumsi akan diubah menjadi zat – zat yang mudah diserap oleh tubuh jika ia dibutuhkan, dan akan dibuang lewat fases (tinja) jika tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Ada tiga kandungan makanan yang berperan sebagai sumber energi : karbohidrat mengandung 4 Kkal energi/gram, lemak mengandung 9 Kkal energi/gram, dan protein mengandung 4 kkal energi/gram. Karbohidrat adalah sumber energi yang paling utama bagi manusia dan hewan, selain jumlahnya yang banyak dan harganyapun relatif murah. Jenis makanan yang termasuk mengandung karbohidrat adalah : beras, gandum, buah-buahan, jagung.

Ketika anda mengkonsumsi karbohidrat – sebagai contoh anda makan nasi waktu sarapan – maka karbohidrat akan diserap di usus dalam bentuk yang lebih sederhana yaitu gula sederhana yang mudah larut dalam air dan mudah diangkut oleh darah ke seluruh bagian tubuh guna penyediaan energi, lazimnya disebut glukosa. Glukosa inilah yang digunakan lagsung oleh tubuh untuk melakukan aktivitas, jika kebutuhan akan glukosa sudah cukup maka glukosa akan disimpan di hati dan otot dalam bentuk yang berbeda yaitu glikogen, jika persediaan glukosa di darah menurun maka, glikogen ini akan diubah menjadi glukosa kembali. Penyimpanan dalam bentuk glikogen ini sifatnya hanya sementara, untuk keperluan beberapa jam saja, olehkarena itu kelebihan karbhidrat tersebut harus disimpan dalam bentuk lemak, tentunya penyimpanannya tidak bisa di hati dan otot akantetapi di sel – sel lemak yang penyimpanannya tidak terbatas.

Jadi hati dan otot ibarat gudang penyimpanan karbohidrat sementara, dan beberapa bagian tertentu tubuh yang merupakan gudang lemak terakhir seperti leher, perut, bokong, dan dada.

Makanan yang anda konsumsi tidak hanya mengandung karbohidrat, akan tetapi mengandung lemak juga. Jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, maka di usus halus lemak tersebut akan diserap dalam bentuk trigliserida kemudian membentuk asam lemak. Sebagian besar asam lemak yang terbentuk digunakan oleh sel – sel otot sebagai energy, disimpan oleh sel – sel lemak dalam bentuk trigliserida. Satu lagi tambahan sumber penyimpanan lemak, anda menjadi lebih gemuk.

Sarapan pagi anda tidak hanya mengandung karbohidrat dan lemak, akan tetapi mengandung protein juga, kelebihan protein dalam tubuh akan mengalami deaminase sehingga protein berubah menjadi lemak, dan disimpan di sel – sel lemak. Dengan demikian tidak hanya mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak dapat membuat anda gemuk, akan tetapi itu berawal dari porsi makan anda yang lebih. Tidak salah Rasululloh mengingatan “makanlah jika lapar datang, dan berhenti jika kenyang belum terasa”.

Dalam hal ini dapat disimpulkan seimbangkan antara input (makanan yang anda konsumsi) dengan output (energi yang anda gunakan untuk beraktivitas).

Bagaimana mengurangi gemuk anda ?

  1. Jangan biarkan karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh anda tersimpan menjadi lemak.
  2. Jika anda adalah orang yang hobi makan, tidak perlu mengurangi porsi makan anda sampai setengahnya, akantetapi tingkatkan penggunaan energi yang tersimpan dalam bentuk lemak tersebut dengan lebih meningkatkan olahraga.
  3. Olahraga lebih dari 30 menit dapat membakar lemak, dibawah itu hanya membakar gula dan cadangan gula anda (glikogen)
  4. Mulai hari anda dengan tidak bermalas – malasan
  5. Jangan menggunakan obat – obat / jamu yang dikatakan dapat menurunkan kadar kolesterol.
  6. Tidak ada solusi lain yang terbaik, kecuali tingkatkan penggunaan simpanan energi anda (lemak).

1 komentar:

Abdul Hamid Al-Umari mengatakan...

Assallammualikum ......
Thanks atas artikel_nya yang bisa membri manfat kpada orang bnyak...

Nice Blog......!!!