Kamis, 24 Juni 2010

kenalin masakan khas lombok.... pelecing kangkung

pelecing kangkung adalah makanan khas yang ada di pulau lombok, semua penduduk lombok pasti suka makan pelecing kangkung, karena rasanya yang khas : empuk kangkungnya hanya ada di tanah lombok (ditempat lain ada juga kangkung, tapi tidak seempuk kangkung tanah lombok). semua orang di lombok bisa membuat masakan ini. apakah penulis bisa membuat pelecing kangkung? kenapa tidak!!! 



  •  Apa sih bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pelecing kangkung?
  1. kangkung secukupnya 
  2. cabai secukupnya
  3. tomat secukupnya
  4. terasi secukupnya (agar lebih beraroma dan rasanya khas dibakar dulu)
  5. penydap rasa sedikit (bukan bahan wajib)
  6. gula sedikit(bukan bahan wajib)
  7. kacang (bukan bahan wajib)
  8. parutan kelapa (bukan bahan wajib)
  • Bagaimana cara membuatnya?
  1. rebus kangkung di air mendidih hingga melepuh
  2. angkat dan tiriskan (boleh disiram pakai air dingin agar cepat dingin, dan bagi sebagian warga hal tersebut dapat memberikan sensasi yang berbeda pada kangkung tersebut)
  3. buat sambal : ulek secara bersamaan (cabai, tomat, terasi, penyedap rasa, gula) hingga benar-benar halus, boleh sedikit ditambahkan air jeruk limo untuk mendapatkan aroma dan rasa yang khas
  4. sobek kangkung yang sudah dingin sesuai selera, agar lebih mudah di makan
  • Bagaimana menghidangkannya?
pelecing kangkung dihidangkan di atas piring dengan sambal yang menumpuk diatasnya, boleh ditambahkan kacang, dan atau tauge, kacang panjang yang dipotong, kol dsb. untuk menambah variasi.
pelecing kangkung biasa dihdangkan bersama dengan nasi putih, pada waktu sarapan dan makan siang. pelecing kangkung bukan makanan yang biasa dihidangkan jika ada acara pernikahan, adat, ataupun acara besar lainnya, akan tetapi makan (lauk) yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Tidak ada komentar: