Rabu, 16 Juni 2010

Ingin gemuk ? Jangan hanya sekedar gemuk, tapi gemuk yang sehat……

Banyak orang yang berangan – angan memiliki tubuh ideal, dan banyak orang berangan – angan memiliki tubuh yang gemuk – biar diblangin “CHUBY”. Sebagian orang mengira badan kurus tidaklah sehat, dan tidak sedikit yang mengira badan gemuk adalah sehat. Salah seorang dari anda mungkin berfikir seperti itu, tunggu dulu jangan anggap hal tersebut benar.

Badan ideal, itulah sebenarnya yang dimaksud banyak orang, dan itulah yang berarti badan sehat secara status gizi. Mungkin diantara pembaca ada yang beum kenal makna status gizi. Menurut Sunita Almatsier status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan zat – zat gizi. Bagaimana menentukan status gizi? Hal itu mudah dilakukan, siapapun bisa melakukannya asalkan tidak buta huruf dan bisa menghitung. Salah satu cara menetukan status gizi anda adalah dengan menghitung BMI (Body Mass Indeks), caranya sebagai berikut (tidak relevan untuk digunakan pada anak – anak dan balita) :

BMI = BB (kg)/TB (m2)

cocokkan hasil perhitungan BMI anda dengan nilai di bawah ini :

1. Kurus : BMI ≤ 18,5

2. Normal : BMI >18,5 – 25,0

3. Gemuk : BMI > 25,0

contoh : Andi umur 24 tahun berat badan 60 kg, dan tinggi badan 175 cm, tentukan status gizi andi.

BB = 60 kg. TB = 175 cm = 1,75 m, 1,75 kuadrat = 3,0625

BMI = 60/3,0625 = 19,59 (normal)

Silahkan mencoba, tentukan jika anda normal tidak perlu bingung, pertahankan berat badan ideal anda, akan tetapi jika tidak temukan solusinya di blogspot ini. Tunggu artikel selanjutnya….

Tidak ada komentar: